English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, May 6, 2011

, » Membuat Scroll Box Pada Blog

Membuat Scroll Box Pada Blog

| Friday, May 6, 2011 | 3 comments

Pasti anda tidak asing dengan fitur web/blog yang satu ini, yaitu "scroll box". Selain mempercantik tampilan blog, scroll box juga berfungsi untuk menghemat space pada tampilan blog agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Scroll box biasanya digunakan untuk menampilkan daftar teks, iklan, gambar, dan lain sebagainya sehingga kita sebagai pembaca blog tetap dapat melihat elemen halaman blog namun tetap irit tempat bagi si pemilik blog.

Silakan lihat contoh yang telah saya buat di bawah ini, dalam BENTENG ini juga terdapat contoh scroll box yang bisa anda lihat pada sidebar sebagai Blogroll.

INI ADALAH CONTOH TEKS DALAM SCROLL BOX YANG INGIN ANDA TAMPILKAN. SEMAKIN PANJANG TEKS YANG ANDA KETIKKAN, MAKA TOMBOL GULUR AKAN MENJADI SEMAKIN KECIL. SEHINGGA ANDA BISA MENGGESER "SCROLL BAR" KEATAS KEBAWAH, ATAU KEKANAN KEKIRI JIKA INGIN MELIHAT ISI SCROLL BOX SECARA PENUH.

JIKA JUMLAH TEKS YANG ANDA KETIKKAN RELATIF SEDIKIT DAN TERTAMPUNG DALAM SATU TAMPILAN SCROLL BOX, MAKA TOMBOL GULIR (Scroll Bar) TIDAK AKAN MUNCUL. KARENA TEKS YANG JUMLAHNYA TERLALU SEDIKIT DAPAT TERLIHAT SECARA PENUH TANPA HARUS MENGGULUNG TAMPILAN SCROLL BOX.

CUKUP DIMENGERTI BUKAN?! SEMOGA BERMANFAAT...
Ingin tahu tips lain untuk memperindah tampilan blog?? Silakan klik disini.


Dari contoh dan penjelasan ringkas saya di atas, saya rasa anda sudah mengerti tujuan pembuatan dan fungsi dari scroll box. Bagi anda yang ingin membuatnya, caranya cukup mudah. Silakan periksa script di bawah ini dan copy-kan pada elemen halaman anda.
<div style="border: 1px solid #000000;background-color:#ffffff; width:350px; height:100px; overflow:auto; color:#555555;"><p>TEKS ANDA</p></div>
Untuk menghasilkan tampilan width dan height scroll box yang anda inginkan, silakan anda tentukan sendiri dengan mengganti variabel pada kode yang berwarna merah (dalam ukuran pixel). Sedangkan untuk mengetikkan isi dari scroll box, ganti TEKS ANDA dengan teks yang ingin ditampilkan.



Artikel Terkait Lainnya



Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

3 comments:

rey said...

keren mas saya juga pakai scroll di bagian footer

SOLICHIN TOIP said...

Banyak yg ga sy tau dan sy dptkan dr Anda. 'Pemanis' blognya bmanfaat utk sy, teman. Salam kenal...

awan said...

sip masbro , keep blogging :)
inforiatif.com

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silakan Berkomentar Di Sini Dengan Syarat :
1. Komentar anda tidak menyinggung SARA
2. Berikan komentar yang membangun, bukan yang semena-mena
3. Tersenyumlah sambil mengetikkan 'comment'


Bagi yang hanya sekedar 'blogwalking' di sini, silakan tinggalkan keterangan web title dan URL anda.

Hormat Saya,
Arifin

 

Recent Post

Random Post

Send Free SMS

© Copyright 2011. bqychodtz.blogspot.com . All rights reserved | bqychodtz.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Special Thanks To o-om.com - zoomtemplate.com